Deutro Malayan di Sumatra

suku Batak Pasisir

Pulau Sumatra, selain menjadi tempat pertama yang disinggahi oleh kelompok Proto Malayan, juga menjadi tempat pertama yang disinggahi oleh kelompok Deutro Malayan. Kelompok Deutro Malayan ini masuk dan berkembang dengan pesat di daratan Sumatra, mulai dari Aceh hingga ke wilayah sebelah Selatan pulau Sumatra. Kehadiran suku bangsa Deutro Malayan yang telah memiliki teknik pertanian dan teknik persalinan yang jauh lebih maju dari suku bangsa Proto Malayan, pertumbuhan penduduknya sangat pesat, sehingga membuat sebagian besar kelompok suku bangsa Proto Malayan terdesak ke hutan pedalaman, gunung-gunung, ke pulau-pulau kecil di sekitar pulau Sumatra, dan yang lainnya berbaur dengan adat-istiadat dan budaya suku bangsa Deutro Malayan dan kehilangan keasliannya.

Suku bangsa Deutro Malayan, di pulau Sumatra setelah memeluk agama Islam, kebanyakan menyatakan diri mereka sebagai orang Melayu.

Suku bangsa Deutro Malayan, pada awalnya membawa budaya hindu-budha, dengan teknologi pertanian yang sudah lumayan maju. Sehingga pertumbuhan mereka begitu pesat. Kelompok-kelompok Deutro Malayan yang lain melanjutkan perjalanan menuju pulau-pulau lain dan tersebar-sebar ke seluruh wilayah kepulauan Indonesia lainnya.

Suku-suku bangsa deutro-malayan di pulau Sumatra

Aceh

Sumatra Utara

Riau

Jambi

Sumatra Barat  

Bengkulu

Bangka Belitung
Sumatra Selatan


sumber:
  • protomalayans.blogspot.com
sumber foto:
  • suku Batak Pasisir: naulipesisir.wordpress.com

2 comments:

  1. Sepengetahuan saya, ada suku Melayu Tamian yang juga Deutro Melayu. Lokasinya ada di Kabupaten Aceh Tamiang, Propinsi Aceh. Mohon Informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah ditambahkan di blog ini, silahkan lihat di:
      http://deutromalayan.blogspot.com/2012/10/deutro-malayan-di-sumatra.html

      atau langsung ke posting,
      http://deutromalayan.blogspot.com/2012/12/suku-tamiang-aceh.html

      terima kasih ya atas kunjungannya,
      salam

      Delete