Suku Melayu Timur

suku Melayu Timur
Suku Melayu Timur, adalah salah satu suku Melayu di provinsi Jambi, yang mendiami daerah Kuala Tungkal kabupaten Tanjung Jabung Barat dan kabupaten Tanjung Jabung Timur di provinsi Jambi.

Asal usul suku Melayu Timur ini berdasarkan cerita turun temurun dalam masyarakat suku Melayu Timur, bahwa nenek moyang orang Melayu Timur pertama kali di wilayah mereka ini adalah bernama Datuk Kedanding, yang diduga adalah keturunan dari orang-orang Mindanao (Filipina).

Masyarakat suku Melayu Timur berbicara menggunakan bahasa Melayu Timur dengan dialek "e", berbeda dengan suku Melayu Jambi lainnya yang kebanyakan menggunakan dialek "o". Bahasa Melayu Timur ini, mirip dengan bahasa Melayu Langkat di Sumatra Utara yang sama-sama menggunakan dialek "e", dan juga mirip dengan dialek Melayu Malaysia.

contoh bahasa Melayu Timur:
  • dimane = dimana
  • mau kemane = nak kemane
  • ape = apa

Kediaman suku Melayu Timur terutama bermukim di Parit Enam kecamatan Nipah Panjang, sedangkan di luar wilayah Parit Enam, yang tadinya juga sebagai tempat pemukiman suku Melayu Timur, rsaat ini semakin dipenuhi oleh pendatang yang juga ikut bermukim di wilayah ini, seperti suku Bugis dan Minang. Karena pertumbuhan suku pendatang ini sangat cepat dalam berkembangbiak, maka kehidupan suku Melayu Timur semakin terdesak ke wilayah lain. Bahkan bahasa Melayu Timur pun semakin terkikis oleh bahasa-bahasa para pendatang.

Masyarakat suku Melayu Timur mayoritas adalah penganut agama Islam, yang telah berkembang dalam kalangan suku Melayu Timur sejak beberapa abad yang lalu. Budaya Islam sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat suku Melayu Timur ini. Tradisi dan budaya serta adat-istiadat suku Melayu Timur banyak dipengaruhi oleh budaya Islam.

Suku Melayu Timur bermatapencaharian pada bidang pertanian (Apok Gayoh). Sistem pertanian suku Melayu Timur ini dengan membuka ladang di hutan sekitar perkampungan.

sumber:
  • protomalayans.blogspot.com
  • putrieananda-mahameru.blogspot.com
  • wikipedia
sumber lain dan foto:
  • pakbendot.com

No comments:

Post a Comment