Asal Usul Orang Jawa

Orang Jawa, seperti yang diketahui adalah penduduk mayoritas di Indonesia. Tapi darimanakah asal-usul orang Jawa sebenarnya ? Ini yang menjadi banyak perbincangan dan banyak memunculkan spekulasi. Beberapa pendapat mengatakan bahwa orang Jawa berasal dari daratan Indochina, yang kemungkinan datang dari daerah Kamboja atau Laos dan kemungkinan lain diperkirakan berasal dari Vietnam. Tapi pendapat lain mengatakan bahwa orang Jawa kemungkinan datang dari daerah India, diduga dari wilayah India Selatan.

Sebelum menetap di pulau jawa kemungkinan orang jawa mempunyai sebutan lain untuk menyebutkan identitas kelompok etnis mereka, bukan "jawa" seperti sekarang, karena konon istilah "jawa" adalah nama pemberian orang asing yang menamakan pulau ini. Sehingga penduduk di pulau jawa ini disebut sebagai orang jawa.

sedang menumbuk menggunakan alu
Ada rumor mengatakan bahwa orang Jawa merupakan keturunan orang dari tanah Pasundan yang berkawin-campur dengan para pendatang dari India atau dari Indochina. Sedangkan menurut beberapa tulisan, pada pertengahan abad 3 M, orang Jawa mulai ada di pulau Jawa. Ditandai dengan hadirnya sebuah kerajaan Taruma pada abad 4.  Kerajaan Taruma adalah sebuah kerajaan yang pernah berdiri di wilayah barat pulau Jawa pada abad 4 hingga abad 7 M. Kerajaan Taruma termasuk salah satu kerajaan tertua di wilayah Indonesia yang meninggalkan catatan sejarah. Ditemukan peninggalan artefak di sekitar lokasi kerajaan, bahwa pada saat itu Kerajaan Taruma adalah kerajaan beraliran Hindu Wisnu. Ditemukan beberapa naskah yang diperkirakan ditulis pada abad 4. Tapi naskah-naskah ini meragukan dan mengundang polemik bagi para pakar sejarah yang meragukan naskah-naskah ini bisa dijadikan rujukan sejarah. Selain itu diduga kuat Kerajaan Taruma adalah kerajaan dari nenek moyang orang Sunda, dan bukan orang Jawa. Bahkan sempat muncul dugaan bahwa Kerajaan Taruma adalah suatu kerajaan yang didirikan oleh bangsa India yang hadir di wilayah pulau Jawa ini sejak abad ke 3 M.

perempuan jawa
Sedangkan orang Jawa diduga baru ada di wilayah ini sejak kehadiran bangsa-bangsa dari India maupun dari daratan Indochina, tapi sampai saat ini tidak diketahui secara pasti asal-usulnya dari mana. Dilihat dari tulisan sejarah, dan dari tradisi kebudayaan orang Jawa saat ini, kemungkinan besar orang Jawa berasal dari daratan Indochina, seperti dari Laos, Kamboja atau juga mungkin berasal dari Burma. Selain itu tradisi dan budaya Jawa juga banyak dipengaruhi budaya dari India, seperti pengaruh agama Hindu, sedangkan agama Budha sepertinya dibawa dari daratan Indochina. Pengaruh itu dapat dilihat dari tulisan-tulisan orang Jawa yang mengadopsi tulisan-tulisan kuno dari India, serta tradisi kisah pewayangan yang sebagian besar dari menyerap dari kisah pewayangan India.

Terlepas dari mana orang Jawa berasal, yang pasti orang Jawa saat ini sangat kuat dengan tradisi dan kebudayaan yang diusungnya. Terlepas itu entah berasal dari India atau dari daerah mana., orang Jawa telah menganggap itu sudah menjadi tradisi dan kebudayaan Jawa sendiri.


17 comments:

  1. Coba dibuka wikipedia. Disitu ditemukan fosil manusia purba yg berusia sekitar 1jt tahun. Para ilmuwan menyebutnya dengan homo soloensis.
    Tolong jadilah penulis yang bisa menambah ilmu bagi setiap insan yang membaca.
    Terima kasih..

    ReplyDelete
  2. homo soloensis atau apapun namanya ituadalah fosil dari jenis monyet yang berdiri dengan kedua kaki, dan itu tidak ada hubungannya dengan perkembangan manusia di pulau jawa, anda mau dibilang keturunan monyet? Tentang monyet purba di pulau jawa diyakini oleh para peneliti mereka bermigrasi dari daraan afrika, ketika daratan asia masih bersatu dengan kpulauan di asia tenggara. Demikian kenyataannya om.

    ReplyDelete
  3. Mungkin Juga Kenapa aksara jawa menggunakan HA-NA-CA-RA-KA bukan HO-NO-CO-RO-KO?? kota SOLO yo nulise SALA, Pasar BERINGHARJO yo nulise BERINGHARJA

    ReplyDelete
  4. makasih yah atas informasinya, jangan lupa kunjungi blog aku juga.
    QUEENXXX92

    ReplyDelete
  5. Thanks yah untuk infonya, sangat bermanfaat dan juga berguna. Jangan lupa kunjungi balik blog aku yah.
    SUPLEMEN MATA GLAUKOMA
    SUPLEMEN HERBAL MATA SILINDER
    MENGOBATI GAGAL GINJAL TANPA CUCI DARAH

    ReplyDelete
  6. hmm menarik juga nih infonya, di tunggu juga nih di blog aku, mampir yah.
    CARA MENYEMBUHKAN MATA MINUS TANPA OPERASI

    ReplyDelete
  7. Terima kasih nih untuk infonya, jangan lupa juga mampir ke blog aku yah.
    OBAT ANTI MENOPAUSE DINI

    ReplyDelete
  8. Itu kurang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya, Kalau kita berasal dari Indochina, Burma, lalu..mereka orang Indochina dan Burma dari mana??..YANG BENAR itu Orang Jawa memang sudah ada sejak adanya peradaban Manusia dimuka Bumi, Kita adalah generasi manusia tertua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. manusia tertua? hmm cukup lucu juga
      berarti anda prcaya tentang monyet purba yang di solo itu yang sempat dianggap sebagai nenek moyang orang jawa. teori itu mentah dan lebih tidak bisa dipertangggungjawabkan lagi, karena itu adalah kera yang bermigrasi dari daratan afrika dan itu tidak ada hubungan dengan perkembagan manusia di pulau jawa. apakah anda keturunan monyet ?
      di pulau jawa dahulu penghuni awalnya adalah manusia yang memiliki ras melanesoid mirip orang papua dan maluku, tapi karena masuknya bangsa deutrumalayan yang bermigrasi dari asia tenggara ke pulau jawa, dan dari pulau sumatra, maka manusia ras melanesoid tersebut terdesak dan berpindah ke pulau-pulau lain kemungkinan ke daerah timur dan sebagian kecil lari ke barat (sisa mereka saat ini di daerah barat seperti sumatra, adalah suku kubu dan lubu).
      Pendatang deutromalayan ini masuk sekitar abad 2 sampai abad 6. Inilah yang diduga kuat menjadi nenek moyang orang Sunda dan Jawa.

      Delete
  9. artikelnya sangat menarik dan nggak ngebosenin saat di baca, makasih yah. ditunggu juga nih kunjungannya di blog aku.
    OBAT ALZHEIMER PALING AMAN
    Salam blogger Indonesia !!!

    ReplyDelete
  10. Kalau menurut saya info ya paling akurat adalah, orang jawa berasal dari keturunan Nabi Adam AS.
    Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe betul bro ...
      keturunan Adam dan Hawa

      Delete
  11. Penulis yang terhormat...,sepertinya anda sangat kurang pengetahuan tentang sejarah jawa.tetapi...,saya tekankan....,anda lebih serius belajar tentang sejarah...mohon maaf....

    ReplyDelete
  12. Setau saya orang orang Indonesia lah yang meng ekspansi asia tenggara.. Seperti kerajaan sriwijaya. Jadi mungkin saya kurang setuju dengan artikelnya.

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum salam sejahtera untuk kita semua, sengaja saya menulis sedikit kesaksian untuk berbagi,barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah ekonomi.Awal mula saya mengamalkan PESUGIHAN TANPA TUMBAL.Karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 100 jt saya setres tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya,tapi saya coba buka-buka internet dan saya buka situs,awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir,saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI MANGGALA kata beliau pesugihan yang cocok untuk saya adalah PESUGIHAN PENARIKAN UAN GHAIB yang jumlah 3 Milyar dengan tumbal hewan,Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 3 kali 24 jam Astagfirullahallazim,Alhamdulilah akhirnya 3 Milyar yang saya minta benar benar ada (NYATA.Dan semua hutang saya lunas dan sisanya untuk modal usaha.Maka dari itu,setiap kali ada teman yang mengeluh,saya sering menyarankan untuk menghubungi KI MANGGALA DI NOMOR 082-394-457-457.Situsnya http://angkajituakurat.blogspot.co.id/ Agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa tengah,saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh.Alhamdulillah hasilnya sama baik,& jika ingin seperti saya coba hubungi KI MANGGALA Atau silahkan kunjungi situs beliau.

    ReplyDelete