Suku Tengger

suku Tengger
Suku Tengger, adalah suatu kelompok masyarakat yang berdiam di sekitar gunung Bromo di provinsi Jawa Timur, yang bermukim di wilayah kabupaten Pasuruan, kabupaten Lumajang, kabupaten Probolinggo dan Malang di Jawa Timur. Populasi suku Tengger ini telah diperkirakan sebesar 181.000 orang

Orang Tengger pada dasarnya sejak dahulu adalah penganut agama Hindu-Budha, tetapi dari mereka saat ini banyak yang sudah beralih ke agama Islam dan Kristen. Menurut keyakinan masyarakat suku Tengger, bahwa mereka adalah keturunan dari orang-orang Kerajaan Majapahit (sebuah kerajaan di pulau jawa pada masa lalu).

Istilah "tengger", berasal dari sebuah legenda di jawa, yaitu dari legenda Roro Anteng dan Joko Seger, yang diyakini adalah usul nama "tenggger", adalah "teng" dari 4 huruf terakhir nama Roro An"teng", dan "ger" dari nama 3 huruf terakhir nama Joko Se"ger".

perempuan Tengger
Suku Tengger percaya bahwa gurung Bromo (Brahma) adalah sebagai gunung suci. Mereka mengadakan tradisi adat setiap setahun sekali di gunung ini, yaitu Upacara Yadnya Kasada (Kasodo). Upacara ini dilaksanakan di sebuah pura yang berada di kaki gunung Bromo, yaitu Pura Luhur Poten Bromo dan dilanjutkan ke puncak gunung Bromo. Upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (ke-10) menurut penanggalan Jawa.

Dalam masyarakat suku Tengger, mereka juga memiliki kesenian budaya seperti Tari Sodor dan Tari Ujung dan peralatan musik seperti gamelan, musik ketepung dan trompet.

Masyarakat suku Tengger kebanyakan hidup sebagai petani Mereka bercocok tanam di ladang-ladang dengan pengairan tadah hujan. Mereka menanam kentang, kubis, bawang dan wortel sebagai tanaman utama untuk dijual ke pasar. Mereka juga menanam jagung jagung sebagai cadangan makanan pokok. Bidang profesi lain selain petani adalah sebagai pedagang, perajin pada industri kecil, dan juga ada yang telah menjadi karyawan pemerintahan maupun swasta termasuk menjadi anggota ABRI dan lain-lain.

sumber:
sumber lain dan foto:
  • kaskus
  • sosbud.kompasiana.com

No comments:

Post a Comment