Suku Babontehu

Suku Babontehu, adalah salah satu sub-suku Minahasa, yang terdapat di provinsi Sulawesi Utara. Suku Babontehu bermukim di daerah kepulauan sebelah barat laut Minahasa.

Suku Babontehu ini pada masa dahulu berada di bawah satu kerajaan tersendiri bernama Kerajaan Manado, yang berpusat di pulau Manado tua. Mereka sejak dahulu adalah bangsa pelaut, dan terkenal sebagai pelaut yang ulung. Dalam kelompok mereka, sebelum mereka bergabung dengan kelompok suku Minahasa.

Pada awalnya mereka tinggal dan bermukim di pulau Manado Tua, karena mereka bermigrasi ke pulau ini. Tapi sebelum kehadiran mereka di pulau ini telah ada penduduk di pulau ini yang terlebih dahulu menghuni pulau Manado Tua ini, yaitu suku-bangsa Mangindanou, yang terkenal sebagai Bajak Laut. Tapi setelah sekian lama entah karena sebab apa, orang-orang Mangindanou ini pindah dan bermigrasi ke daerah lain, diduga ke Filipina. Pada masa itu pulau ini dikenal dengan nama “pulau Manadou”. Setelah pulau Manado ini kosong, masuklah orang Babontehu dalam kelompok kecil, dengan jumlah sekitar 30-40 kepala keluarga.  Kehadiran suku Babontehu ini rupanya diterima oleh suku Bantik yang berada di Pogidon (Wenang) dan Minanga (Malalayang), dan mereka telah menjalin hubungan baik sejak dulu. Suku Babontehu ini pernah memiliki suatu kerajaan yang bernama Kerajaan Babontehu, yang dipimpin oleh seorang Kolano (Raja).

Pada zaman itu, sekitar tahun 1570-1606, datanglah bangsa Portugis berlabuh ke pulau Manado Tua, tapi mereka tidak melakukan apa-apa, terlihat mereka hanya ingin bersahabat dengan penduduk pulau Manado Tua.. Di pulau Manado Tua ini, orang Babontehu melakukan barter hasil bumi dengan penduduk negeri Pogidon (Wenang) dan Minanga (Malalayang).

Suku Babontehu ini sempat berperang dengan Kerajaan Bolaang Mongondow, tapi dalam pertempuran mereka mengalami kekalahan. yang membuat mereka terusir dari pulau Manado Tua, sehingga mereka pun pindah ke daerah baru dan membangun pemukiman baru di kepulauan Sangihe.

Setelah sekian lama suku Babontehu akhirnya menggabungkan diri dengan kelompok suku Minahasa, dan diakui sebagai salah satu sub-suku Minahasa. Saat ini masyarakat suku Babontehu tersebar di beberapa daerah di provinsi Sulawesi Utara.

sumber:
  • bode-talumewo.blogspot.com
  • wikipedia

No comments:

Post a Comment