Suku Ponosakan

Suku Ponosakan, adalah salah satu sub-suku Minahasa yang terdapat di provinsi Sulawesi Utara. Suku Ponosakan mendiami kecamatan Belang dan kecamatan Ratatotok, tersebar di beberapa kampung, yaitu di kampung Belang, Basaan, Ratatotok dan Tumbak serta sebagian kampung Watuliney dan Tababo. Populasi suku Ponosakan ini diperkirakan lebih dari 5000 orang.

Suku Ponosakan merupakan satu-satunya suku dari kelompok Minahasa, yang masyarakatnya banyak memeluk agama Islam. Pengaruh agama Islam ini mereka dapat dari orang-orang Mongondow. Karena orang Ponosakan pernah terlibat hubungan baik dengan orang-orang Mongondow di masa lalu.

Orang Ponosakan berbicara dalam bahasa Ponosakan. Bahasa Ponosakan adalah salah satu dialek bahasa Minahasa. Tetapi bahasa Ponosakan ini memiliki banyak kemiripan dengan bahasa Mongondow. Menurut orang Mongondow bahasa Ponosakan ini adalah salah satu dialek dari bahasa Mongondow. Walau demikian, walau bahasa orang Ponosakan mirip dengan bahasa Mongondow, tapi mereka tetap mengaku bahwa mereka adalah orang Minahasa.

Saat ini generasi muda orang Ponosakan, banyak yang sudah hampir tidak mengetahui lagi bahasa Ponosakan, karena para generasi muda Ponosakan banyak yang beralih menggunakan bahasa Manado Pasar (Melayu Manado). Dari 5000 orang populasi suku Ponosakan ini, diperkirakan yang berbicara dalam bahasa Ponosakan hanya sebesar 2000 orang saja. Hal ini membuat bahasa Ponosakan bisa terancam punah, akibat dominasi bahasa-bahasa lain yang lebih kuat pengaruhnya di daerah-daerah orang Ponosakan.

sumber:
  • bode-talumewo.blogspot.com
  • the minahasa: pakasaan
  • north-sulawesi: culture
  • wikipedia

No comments:

Post a Comment