Suku Tou Ure

Suku Tou Ure, adalah salah satu suku tertua dari kelompok Proto Minahasa (Minahasa Tua) di provinsi Sulawesi Utara.

Suku Tou Ure ini sebagai suku tertua yang sudah ada sebelum terjadinya Musyawarah di Watu Pinawetengan. Suku Tou Ure telah ada di bumi Minahasa sezaman dengan 3 suku tua Minahasa lainnya seperti suku Tountumaratas, suku Tountewoh dan suku Tombulu, serta satu lagi dari kelompok keturunan Opo Suawa.
Hanya saja suku Tou Ure beserta kelompok keturunan Opo Suawa, tidak ikut dalam Musyawarah di Watu Pinawetengan pada masa sekitar abad ke-7 di tanah Malesung (Minahasa Purba). Sehingga mereka tidak mendapat pembagian wilayah di tanah Minahasa. Selain itu suku Tou Ure juga terlupakan dalam cerita tua Minahasa. Istilah Tou Ure berasal dari kata "ure" yang berarti "lama", jadi "tou ure" berarti "orang lama", yang kira-kira bermakna sebagai "suku tua".

Suku Tou Ure ini berasal dari keturunan Opo Mamarimbing anak dari Toar dan Lumimuut. Opo Mamariming memiliki anak bernama Matulandi, Tasumondak dan Tarumampen, yang pada awalnya tinggal di daerah kaki gunung Tonderukan di Tumaratas Tua, yang sekarang terletak di antara kampung Kanonang dan Tumaratas. Saat itu wilayah keturunan Opo Mamarimbing ini dibagi menjadi 2 wilayah kelompok besar, yaitu Tumani Mawale di sebelah barat dan Tou Ure di sebelah timur.

Menurut cerita rakyat Minahasa, bahwa suku Tou Ure ini tinggal di dataran tinggi pegunungan Wulur - Mahatus,. Sayangnya keturunan suku Tou Ure ini tidak diketahui lagi keberadaannya. Diperkirakan keturunan-keturunan suku Tou Ure telah berbaur dengan suku-suku Minahasa lainnya.

sumber:

No comments:

Post a Comment